Tidur Pagi Penyebab Penyakit Kemiskinan

Posted on 148 views

Muslimpos Saudaraku, Tidur merupakan kebutuhan alamiah bagi manusia. Namun ada waktu tidur yang orang-orang sholih terdahulu sangat membencinya, yakni tidur pagi. Sedangkan waktu pagi merupakan waktu yang sangat baik. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam riwayat mendoakan waktu pagi sebagai waktu yang penuh keberkahan.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” (HR. Abu Daud no. 2606, Ibnu Majah no. 2236 dan Tirmidzi no. 1212)

Tidur Pagi Ternyata Dapat Menghambat datangnya rizki

Banyak tidur juga dapat merusak tubuh. Dari penuturan Ibnul Qayyim ketika menjelaskan tentang masalah banyaknya tidur. Ibnul Qayyim menjelaskan bahwa banyak tidur dapat mematikan hati dan membuat badan merasa malas serta membuang-buang waktu.

Beliau rahimahullah mengatakan,

“Banyak tidur dapat mengakibatkan lalai dan malas-malasan. Banyak tidur ada yang termasuk dilarang dan ada pula yang dapat menimbulkan bahaya bagi badan.

Sedangkan tentang tidur pagi dijelaskan oleh Ibnul Qayyim rahimahullah,

وَمِنَ المكْرُوْهِ عِنْدَهُمْ : النَّوْمُ بَيْنَ صَلاَةِ الصُّبْحِ وَطُلُوْعِ الشَّمْسِ فَإِنَّهُ وَقْتٌ غَنِيْمَةٌ

“Di antara hal yang makruh menurut para ulama adalah tidur setelah shalat Shubuh hingga matahari terbit karena waktu tersebut adalah waktu memanen ghonimah (waktu meraih kebaikan yang banyak.(Madarijus Salikin, 1: 369)

Kebiasaan tidur pagi juga ternyata dapat menghambat datangnya rezeki, hal ini sebagaimana lanjutan perkataan Ibnul Qayyim.

Ibnul Qayyim berkata, “Empat hal yang menghambat datangnya rizki adalah [1] tidur di waktu pagi, [2] sedikit sholat, [3] malas-malasan dan [4] berkhianat.” (Zaadul Ma’ad, 4/378)

Dengan demikian jika tak ingin rejeki terhambat, maka jangan biasakan tidur pagi ya saudaraku.!