Sungguh Allah Bersama Dengan Orang Yang Sabar

Posted on

Sungguh Allah Bersama Dengan Orang Yang Sabar – Sahabat muslim, sabar adalah sifat yang unik. Sifat sabar adalah sifat istimewa yang dimiliki seorang individu muslim tangguh dan berakhlak. Sifat ini sangat mudah diucapkan namun pada kenyataannya sangat sulit untuk ditanamkan pada diri pribadi. Makanya sangat sedikit orang yang bisa memiliki sifat sabar.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

“Hai orang-orang yang beriman, jadikan sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang  yang sabar.” (QS. Al Baqarah: 153)

sabar

Allah Bersama Dengan Orang Yang Sabar

Kesabaran itu adalah awal dari kebahagiaan dan kemenangan, namun kebanyakan kita maunya seperti membalikan telapak tangan, kita tergesah-gesah. Padahal itu adalah perbuatan syetan, kebanyakan kita baru ditimpah kesusahan sedikit sdh berkeluh kesahnya minta ampun. Bahkan kita sampai lupa dengan Allah, kita tambah jauh dengan Allah, yang lebih parah lagi kita salahkan Allah atas apa yang menimpah kita. Padahal Allah peringatkan bahwa “” tidak akan terjadi kerusakan kecuali disebabkan oleh tangan kita sendiri. Tidak akan turun musibah pada suatu kaum kecuali disebabkan oleh mereka sendiri. Dan tidak akan turun musibah seandainya kita semua beriman dan bertaqwa.

Baca Juga >>>  Keutamaan dan Pahala Shalat di Masjid Al-Aqsha

Kita harus sadar diri dan minta Ampun kepada Allah bila ada cobaan yang datang pada kita, seringkali disebabkan  oleh :

  • 1. Karena dosa yang kita lakukan selama ini
  • 2. Karena Allah mau menguji iman kita, ” tidak akan dikatakan beriman dan masuk syurga kepada orang yang belum datang cobaan padanya” makanya kita harus tetap bersyukur dan bersabar serta tambah taqwa kapada Allah swt,

Sebagaimana Firman Allah SWT :

 وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا

“Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.” (Qs. At Talaq:2)

Dari sini bisa kita lihat bahwa dengan taqwa segala urusan dan kesulitan kita akan dipermudah jalan keluarnya dan mendapatkan kemenangan

إِنَّ لِلْمُتَّقِينَ مَفَازًا

” sesungguhnya orang-orang  yang bertaqwa akan mendapatkan kemenangan” (Qs. An Naba: 31)

 

Oleh karena itu mari kita tetap bersyukur , bersabar dan bertaqwa kepada Allah walaupun badai cobaan bertubi-tubi datangnya ”

إِنَّهُ مَن يَتَّقِ وَيَصْبِرْ فَإِنَّ اللَّهَ لَا يُضِيعُ أَجْرَ الْمُحْسِنِينَ

“Sesungguhnya barangsiapa yang bertaqwa dan bersabar, maka sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala bagi orang-orang yang berbuat baik.” (Qs. Yusuf: 90),

Baca Juga >>>  3 Amalan Yang Tetap Mengalir Setelah Seorang Hamba Meninggal Dunia

 

Maka kita harus yakin pada Allah tentang janji yang pasti ditepati dan tak mungkin di ingkari apabila sahabat muslim sekalian menerapkan sifat sabar pada diri pribadi.

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” (Qs. Al-Bayyinah: 6),

 

Yakinlah saudaraku sekalian bahwa Allah tidak akan mengujimu di luar kemampuanmu, dan Allah lebih mengetahui segala kehendak, makanya bersabarlah.

Wallahua’lam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *