foto/islamedia.id

Punya Sampah? Tukarkan dengan Sembako di Rumah Zakat

Posted on 59 views

muslimpos Program bertajuk Sampah oleh Lembaga Kemanusiaan Rumah Zakat sungguh memberikan dampak yang sangat positif. Program terkait sampah dengan nama “Bank Sampah” ini memberikan kesempatan bagi masyarakat yang memiliki sampah untuk menukar sampah tersebut dengan sembako.

Adapun Program Bank Sampah dilaksanakan di di kecamata Rappokaling, Kota Makassar. Menurut Ana Mardiyati seorang Fasilitator ICD Rappokaling, ini merupakan salah satu cara yang diterapkannya untuk mengajak warga sekitar agar semakin tertarik untuk turut aktif di Bank Sampah yang dikelolanya.

Awal Pembentukan

Awal pembentukan Bank Sampah sebenarnya diawali dari kepedulian Ana. Namun ternyata ide yang digagas ana ini kemudian disambut baik oleh warga sekitar. Tercatat, Saat ini sudah lebih dari 50 warga yang aktif di Bank Sampah yang dikelola Ana.

“Kondisi warga Rappokalling pada saat itu memang masih belum peduli terhadap sampah. Banyak warga yang membuang sampah ke jalanan dan sungai. Jadi, saya berpikir untuk mengatasi permasalahan tersebut dan mencari cara agar warga bisa tertarik untuk ikut aktif di dalamnya, ujar Ana seperti dilansir republika, Senin (20/3/2017).

Bank Sampah Sikamaseang ICD Rappokalling

Berdirinya Bank Sampah Sikamaseang ICD Rappokalling memang cukup baru karena berjalan baru dua tahun. Namun semangat para kader bank sampah ini tidak kalah jika dibandingkan dengan kader Bank Sampah lain yang sudah lebih dahulu ada.
Semakin Banyak Sampah Semakin Banyak Pendapatan

Semangat dan keaktifan para anggotanya Bank Sampah ini juga menjadi modal utama penggerak kesadaran gerakan peduli terhadap kebersihan lingkungan di kecamatan Rappokalling. Dan selain hal itu bagi anggota Bank Sampah Sikamaseang Rappokalling sendiri, semakin banyak sampah yang terkumpul maka semakin banyak pula pendapatan tambahan yang diterimanya.

Punya Sampah? Tukarkan dengan Sembako. Lingkungan bersih, keluarga sejahtera.