Foto/Islamedia.id

Peduli Papua, Arab Saudi Berikan Beasiswa Kuliah Gratis kepada Putra-Putri Papua

Posted on 75 views

muslimpos.com – Sebagai salah satu bentuk kepedulian pendidikan di Indonesia, khususnya daerah Papua, kerajaan Arab Saudi melalui duta besarnya di Indonesia memberikan beasiswa kuliah gratis. Beasiswa gratis tersebut dalam bentuk fasilitas belajar di Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) kepada putra putri yang berasal dari Papua.

Jumlah total yang mendapat beasiswa sebanyak 63 orang, terdiri dari 40 putra yang semuanya akan dikuliahkan di LIPIA cabang Jakarta dan 23 putri di LIPIA cabang Aceh. Program tersebut bagian dari kerja sama antara kedutaan besar Arab Saudi dengan AlFatih Kaaffah Nusantara.

Dalam acara pelepasan santri yang akan belajar di LIPIA tersebut turut dihadiri tamu kehormatan Dubes Arab Saudi untuk Indonesia, Syeikh Osamah bin Muhammed Al-Shuibi. Pelepasan santri tersebut juga dihadiri sekitar 600-an santri.

Syeikh Osamah dalam sambutannya pada acara yang dilangsungkan di Pondok Pesantren Nuu Waar, RT 02 RW 06, Kampung Bunut, Desa Tamansari, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Ahad, 26 Februari 2017 pagi itu mengatakan, program tersebut sebagai bentuk perhatian Kerajaan Arab Saudi (KSA) melalui Kedubesnya atas dakwah dan pendidikan Islam di Indonesia terkhusus papua.

Selama ini, kata Syeikh Osamah, berbagai lembaga menggelar dan memberi bantuan pendidikan terfokus di daerah Jawa dan Sulawesi. Sedangkan KSA dengan program ini ingin fokus di daerah terpencil khususnya Papua.

“Saat ini kita akan mulai berusaha memberikan perhatian kepada daerah yang terpencil itu…. Terutama dakwah di Irian Jaya ini,” ujar Syeikh Osamah seperti dilansir hidayatullah melalui islamedia.

Lebih lanjut Syeikh Osamah memaparkan bahwa putra putri Papua yang akan menjadi calon mahasiswa LIPIA itu merupakan angkatan pertama dari generasi Nuu Waar (Irian Jaya) yang dikuliahkan di LIPIA melalui program tersebut.

“Kalian merupakan duta-duta besar di Irian Jaya, di Indonesia, dan kalian merupakan duta-duta besar yang akan menyampaikan dakwah kepada masyarakat Irian Jaya dan masyarakat Indonesia secara umum,” papar Syeikh Osamah dalam ceramahnya. [im]