Muslimpos Pendaftaran CPNS mulai dibuka pada 1 Agustus 2017. Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjabarkan mekanisme pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2017. Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan meminta calon pendaftar memahami mekanisme pendaftaran terlebih dahulu.

Pendafaran akan dibuka melalui laman https://sscn.bkn.go.id pada 1 Agustus 2017 pukul 10.00 WIB. Sementara untuk daftar instansi dan dokumen persyaratan masing-masing instansi, dapat diakses pada laman BKN http://www.bkn.go.id/penerimaan-cpns-th-2017.

Berikut Mekanisme Pendaftaran CPNS 2017 :

1. Pelamar mengakses laman https://sscn.bkn.go.id. Laman itu memberi informasi penerimaan CPNS. Untuk pendaftaran, pilih menu pendaftaran.

2. Pelamar mengisi NIK, Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga, alamat, e-mail aktif, password dan pertanyaan keamanan. Pelamar mencetak Kartu Informasi Akun SSCN 2017.

3. Selanjutnya, pelamar dapat login ke laman SSCN menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.

4. Pelamar mengisi biodata, memilih instansi, memilih jenis formasi sesuai instansi dengan mengunggah dokumen yang dipersyaratkan oleh instansi. Khusus untuk instansi yang menggunakan aplikasi mandiri atau bukan SSCN, pelamar akan diarahkan ke alamat aplikasi pendaftaran mandiri instansi.

5. Pelamar mencetak Kartu Pendaftaran SSCN 2017.

6. Langkah berikutnya, pelamar melakukan pemberkasan berdasarkan persyaratan pendaftaran masing-masing instansi. Peserta juga wajib melampirkan fotokopi Kartu Penaftaran SSCN untuk proses verifikasi.

Berkas itu akan sampai pada Tim Verifikator Instansi. Pelamar hanya bisa memilih satu formasi sesuai kualifikasi pendidikan pada satu instansi dalam satu periode.

7. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi mencetak Kartu Peserta Ujian CPNS 2017 untuk melanjutkan ke tahap seleksi menggunakan Computer Assisted Test (CAT) BKN. Informasi status pelamar bisa diakses melalui portal https://sscn.bkn.go.id.

BKN meminta publik selektif menerima informasi penerimaan CPNS 2017. Informasi resmi hanya dikeluarkan oleh laman berdomain .go.id. Publik dapat memantau dan mengakses informasi dan pemberitaan pendaftaran CPNS 2017 lewat www.bkn.go.id dan kanal-kanal sosial BKN melalui Twitter (@BKNgoid) dan fanpage Facebook (Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia).

sumber : Republika.co.id