Hormati Ibumu, Maka Hidupmu Akan Berkah

Posted on

Hormati Ibumu, Maka Hidupmu Akan Berkah 

Sudahkah kita berbakti kepada ibu? kapan terakhir kita membuatnya tersenyum? masihkah berkata “AH”?
Kawan, ibu adalah wanita yg paling mulia. . Sesukses apapun dirimu, sekaya apapun dirimu, jangan pernah! Jangan sesekali menomor duakan ibumu.

Bahkan Rasulullah mengatakan ibu sampai tiga kali baru setelahnya ayah kita, sebagaimana dalam hadits berikut :
“Wahai Rasulullah, siapa yang paling berhak aku perlakukan dengan baik? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? kemudian Nabi menjawab : Ayahmu.” (HR. Al Bukhari)

Ibu adalah sosok wanita yang paling berharga dalam hidup kita. Adanya kita di dunia ini melalui jerih payahnya. Ia rela mengorbankan nyawanya untuk kita. Hanya untuk melihat kita bisa merasakan dunia. Di mana, dunia ini menjadi perjalanan baru dalam diri kita. Tempat yang akan dijadikan sarana untuk memperoleh dan mengumpulkan bekal untuk kehidupan yang lebih kekal.

Ingatkah kita waktu di masa kecil dulu. Kita selalu ingin dekat dengan ibu. Dan walau dalam keadaan lelah pun, ibu selalu melayani kita dengan baik. Kita sering menyusahkannya. Tetapi, ibu tak menunjukkan kemarahannya. Bahkan, ia lebih menunjukkan kasih sayangnya yang begitu besar kepada kita.

Baca Juga >>>  Setahun Berjalan Kaki, Pemuda Asal Pekalongan Ini Akhirnya Sampai Ke Mekah

Kini, kita mulai beranjak dewasa. Tingkah kita tak seperti anak kecil yang segala sesuatu harus meminta tolong pada ibu. Hanya saja, kita terkadang lupa kepada beliau. Kita lebih asyik dengan dunia kita sendiri. Hingga kita lupa kewajiban kita terhadap orangtua, khususnya ibu. Padahal, sebagai seorang muslim, Allah dan Rasul-Nya memerintahkan kita untuk menaati keduanya. Kita harus patuh pada apa yang mereka perintahkan dan nasihatkan, selagi tidak bertentangan dengan syariat islam.

Mari kita hormati orang tua kita, mari kita perlakukan mereka dengan baik. Jangan Maki, jangan marah, jangan ucapkan kata-kata kasar. Ketika Ibu memanggil, datanglah. Ketika ayah memanggil, datanglah, ketika mereka marah, bersabarlah. Dia ibu kita, dia Ayah kita. Jangan cepat memasukan kedalam hati.

Dan didalam QS. Luqman : 14 disebutkan “Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orangtuanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Maka bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orangtuanya, hanya kepada-Kulah kembalimu”

Baca Juga >>>  Sebab Istri Terlihat Kalah Cantik Dengan Wanita Lain

Lihatlah orang-orang yang sukses dalam berbagai hal, baik itu dalam dunia pendidikan maupun pekerjaan, mereka selalu unggul daripada yang lain. Mengapa? Sebab, anak yang berbuat baik pada ibunya, maka nasibnya pun akan baik. Itu sudah menjadi ketentuan Allah SWT dalam hidup ini.

Maka, jika kita ingin merasakan keberkahan hidup, hormati dan sayangilah ibu kita. Selagi ia masih berada di dekat kita, jangan sampai kita sia-siakan begitu saja. Pintalah ridha darinya. Sebab, ridha Allah SWT juga merupakan ridha orangtua. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari. Di mana sosok ibu tak dapat menemani perjalanan hidup kita di dunia.

Semoga orang tua kita dalam keadaan sehat, dan tetap istiqomah dalam menjalankan perintah Allah SWT.

Aamiin ya Rabb

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *