Ternyata Berhijab Bisa Mencegah Penuaan Dini

Posted on 184 views

muslimpos.com – Penuaan diri merupakan salah satu isu atau masalah utama bagi wanita saat ini. Namun isu penuaan dini bukan hanya berlaku untuk wanita, pria pun rentan mengalami penuan dini dan juga seperti halnya wanita, ada banyak cara untuk hindari penuaan dini para wanita. Namun tahukah anda apa saja penyebab terjadinya penuaan dini?

Salah satu faktor paling dominan yang bisa mempengaruhi terjadinya penuaan dini adalah sinar matahari. Sinar matahari merupakan faktor eksternal yang cukup memberikan pengaruh signifikan bagi seseorang yang menderita penuaan dini. Waktu yang paling berbahaya untuk dihindari ialah ketika sinar ultra violet berada pada titik kulminasinya yakni antara jam 10.00-15.00. Selain menggunakan tabir surya pada bagian wajah dan bagian tubuh lainnya yang terbuka untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari secara langsung. Selain itu apa lagi?

Tentu Hijab. Hijab yang merupakan salah satu pakaian yang wajib digunakan oleh seorang perempuan muslimah untuk menutupi auratnya. Tidak hanya menutup aurat hijab juga ternyata dapat mencegah penuaan diri, karena melindungi kulit terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Proses penuaan bisa dipercepat jika kulit terpapar sinar matahari. Karena, sinar matahari dapat menimbulkan kerusakan protein dan asam amino yang merupakan struktur utama kolagen dan menimbulkan kelainan pigmentasi. Jadi, memakai penghalang sinar matahari dengan hijab, sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

Dalam Al-Qur’an sendiri menggunakan hijab hukumnya wajib sebagaimana di sebutkan dalam Al-Qur’an :

وَقُل لِّلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا ۖ وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ ۖ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الْإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَىٰ عَوْرَاتِ النِّسَاءِ ۖ وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِن زِينَتِهِنَّ ۚ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Katakanlah kepada wanita yang beriman, ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak darinya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung (khimar) ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara lelaki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.’” (Qs An Nuur: 31)

Sungguh Allah SWT apabila memerintahkan hambanya pada kebaikan, tentu tidak semata-mata memerintahkan kepada kita untuk mengerjakannya begitu saja. Ada banyak hikmah di balik itu yang memang bermanfaat sekali bagi diri kita. Nah, selain untuk menjaga kehormatan, tentunya menggunakan hijab juga bisa sebagai bonus pencegah penuaan dini.

 

Betapa sempurnya ajaran Islam. Masih ragu menjalankan perintah Allah dengan sempurna?