7 Dosa Penyebab Jodoh Tak Kunjung Datang

Posted on 219 views

muslimpos Datangnya jodoh merupakan ketentuan dan ketetapan Allah SWT. Jodoh menjadi rahasia tanpa seorang pun mengetahuinya secara pasti kapan dan siapa yang akan menjadi jodoh seseorang. Seringkali ada yang sudah merencanakan pernikahan sejak lama, namun tak terduga tiba-tiba kandas di tengah perjalanan. Namun, ada juga dua orang yang terpisah jauh, tak pernah saling mengenal sebelumnya, kemudian menjadi pasangan sah tanpa ada rencana sebelumnya.

Bagaimana jika jodoh yang telah lama dinanti tak kunjung datang?

Jodoh yang tak kunjung datang bisa saja disebabkan oleh dosa-dosa yang kita lakukan. Menjadi penghambat datangnya jodoh maupun rejeki dalam hidup seseorang. Dosa apa saja itu? Berikut adalah 7 dosa yang menyebabkan tertundanya jodoh untuk segera hadir dalam kehidupan kita :

1. Menyekutukan Allah (Syirik)

Syirik adalah perbuatan menyekutukan Allah SWT dengan selain-Nya. Merupakan dosa besar yang tak termaafkan selain bertobat dengan taubat nasuha. Banyak orang yang berusaha mendapatkan dan menginginkan jodoh dengan datang ke dukun, tukang ramal, atau memakai jimat-jimat atau bacaan menyesatkan lainnya. Padahal perbuatan tersebut dilaknat oleh Allah SWT.

فَلَا تَغُرَّنَّكُمُ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا وَلَا يَغُرَّنَّكُم بِاللَّهِ الْغَرُورُ –

“Janganlah sekali-kali kamu diperdayakan dunia & diperdayakan para penipu yang mengatasnamakan Allah” (QS 31:33)

Apabila pun mereka di datangkan jodohnya, maka biasanya akan dipertemukan dengan mereka yang syirik juga. Orang musyrik akan mendapat jodoh, namun justru membuat hidup mereka tidak tentram penuh dengan masalah dan tak ada rasa kebahagiaan. Karena berlaku hukum keseimbangan Allah dalam perjodohan, dimana laki-laki dan perempuan harus memiliki nilai yang sama di mata Allah SWT.

2. Malas atau Jarang Sholat

Sholat merupakan gerbang menuju Allah SWT. Ini adalah perintah wajib yang harus dijalankan umat Islam tanpa ada alasan untuk meninggalkannya. Jarang sholat artinya Allah juga tidak cepat dalam merespon doa manusia terhadap jodoh.

Hal ini juga berlaku bagi mereka yang salat namun kerap menunda-nunda hingga masuk waktu akhir. Karena urusan dunia, biasanya manusia lupa untuk menunaikan ibadah wajib yang satu ini. Sehingga Allah juga tidak akan memprioritaskan mereka yang telah melalaikan-Nya.

فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّينَ الَّذِينَ هُمْ عَن صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ –

“Maka kecelakaanlah bagi orang2 yang shalat (yaitu) orang2 yang lalai dari shalatnya.” (QS Al-Ma’un : 4-5)

3. Dosa Berzina

Zina adalah salah satu perbuatan keji yang sangat dibenci Allah. Bahkan pernah dalam sebuah riwayat diceritakan kisah bahwa Nabi Musa yang menolak wanita yang bertobat karena telah melakukan dosa zina. Hal ini menandakan bahwa perbuatan zina sangat merusak hubungan manusia dengan Allah, termasuk juga untuk urusan jodoh.

4. Dosa kepada Kedua Orang Tua

Adapun Orang tua adalah perwakilan Allah SWT di dunia. Keridhaan mereka akan menjadi ridha Allah, sehingga jika kita melakukan dosa terhadap orang tua, maka Allah akan menutup sumber rezeki kita termasuk urusan jodoh.

Perlu diketahui bahwa berkata “ah” saja kepada orang tua sudah membuat Allah marah, apalagi jika melakukan dosa lebih dari itu. Hal ini termasuk doa besar yang menjauhkan rahmat Allah termasuk jodoh.

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا –

“Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ah dan janganlah kamu membentak mereka, ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. (QS. Al-Isra : 23).”

5. Memutus Hubungan Silaturrahim

Bagi anda yang sulit jodoh, ada baiknya anda memeriksa hubungan anda dengan kerabat. Bagaimana hubungan anda dengan saudara teman sahabat. Karena salah satu penjauh rahmat adalah putusnya tali silaturahmi antar sesama kerabat dan sahabat serta saudara muslim lainnya.

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُون

“Sesungguhnya orang2 mukmin itu bersaudara. Karena itu peliharalah persaudaraan dan peliharalah diri anda dihadapan Allah supaya kamu mendapat rahmat”. (QS. Al-hujurat : 10)

6. Makan Harta Haram

Makan harta yang haram atau perkara haram lainnya juga dapat menjauhkan jodoh. Jika saat ini masih sulit jodoh, maka coba periksalah rezeki yang kita makan. Apakah sudah dicari dengan jalan halal, atau masih haram.

Nah jika pun sudah halal, sudah kah kita menunaikan untuk mengeluarkan zakat. Karena sebenarnya, dalam harta kita terdapat hak-hak orang lain yang harus kita keluarkan.

7. Pelit atau kikir

Pelit, kikir terhadap apapun yang bermanfaat bagi sesama adalah salah satu penyebab tertundanya jodoh. Salah satu cara mendapatkan jodoh adalah dengan memperbanyak sedekah.

Coba perbanyak sedekah, maka Insya Allah akan didatangkan jodohnya segera oleh Allah SWT. Banyak kisah-kisah nyata dan inspiratif tentang orang-orang yang menjemput jodoh dengan sedekah.