foto/uumaira.blogspot.com

Muslimpos Akad nikah adalah acara paling sakral dalam pernikahan. Puluhan ritual dalam acara pernikahan, namun inti sebenarnya adalah akad nikah. Setelah melangsungkan akad nikah, Rasulullah menganjurkan kepada para suami agar mendoakan Istrinya setelah melaksanakan akad nikah.

Ketika seorang laki-laki menikahi seorang wanita, hendaknya setelah akad nikah mereka memegang ubun-ubun istrinya, setelah itu membaca basmalah, mendoakan keberkahan dan seraya berucap doa seperti doa yang diajarkan oleh Rasulullah :

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ ، وَأَعُوْذَ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

ALLAHUMMA INNII AS’ALUKA MIN KHAIRIHAA WA KHAIRI MA JABALTAHAA ‘ALAIHI. WA A’UDZUBIKA MIN SYARRIHAA WA SYARRI MA JABALTAHAA ‘ALAIHI

Terjemahnya :
“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepadaMu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya”.

Doa ini adalah doa setelah akad nikah yang disunnahkan oleh Rasulullah. Namun kita ketahui dan menyaksikannya ditengah-tengah masyarakat masih jarang dipraktekkan.

Saran bagi ikhwan yang mau menikah, ada baiknya hafalkan doa setelah akad nikah tersebut. Lalu Anda bisa berkoordinasi dengan panitia nikah atau penghulu agar prosesi pembacaan doa tersebut dilaksanakan sesaat setelah akad nikah dilaksanakan.

Lakukan dengan khusyu, niat karena Allah, rasakanlah bahwa pasangan yang ada di hadapan Anda adalah belahan jiwa yang akan menemani Anda mengarungi bahtera kehidupan ini. Mintalah doa kepada Allah sesuai dengan isi dalam doa setelah akad nikah tersebut.

Bagi para ikhwan dan akhwat sekalian yang belum menemukan jodoh, perbanyak istigfar, ikhtiar dan berdoa agar disegerakan jodohnya oleh Allah SWT.